Tips buat Guru, Cara asik buat siswa semangat belajar

Posted by Blogger Name. Category:

Jasa Install murah laptop/komputer kediri - Guru harus rajin membaca. Dengan membaca, guru bisa memotivasi siswanya, mengembangkan imajinasi sehingga menghasilkan siswa-siswa yang kreatif.

Demikian salah satu poin seminar pendidikan yang diadakan Yayasan Keluarga Batam (YKB) di Kantor YKB di Sekupang, Kamis (5/1). Seminar tersebut diikuti semua guru Sekolah Kartini dari TK hingga SMA. Pembicaranya Dr Rahmad, konsultan dari Jakarta.

Menurut Rahmad, guru harus lebih aktif membaca untuk agar mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan. Guru juga harus bisa aktif mengamati para siswanya yang kurang motivasi dan memberikan tindakan yang baik agar motivasi para siswa dapat bangkit. Selain itu para guru harus bisa merancang penelitian dari sisi media sehingga para siswanya dapat mengembangkan imajinasi dengan baik karena pembaharuan cara belajar.

“Karena cara belajar yang asyik bisa membuat siswa ikut bersemangat dalam belajar,” katanya.
Para guru, kata Rahmad, juga harus bisa memilah konteks apa yang akan diberikan kepada siswanya.

Dengan pengamatan langsung atau jenis pendekatan lainya. Apabila cara yang dilakukan guru tersebut tak dapat membuat siswanya termotivasi, maka guru tersebut wajib mencari metode lain untuk membuat siswanya bersemangat dan berkreasi.

“Nah, sebelum melakukan pengamatan atau penelitian para guru diharapkan rajin membaca,” katanya.

Sri Sudarsono, Ketua YKB mengatakan, pihaknya sengaja menggelar seminar pendidikan agar guru-guru Kartini bisa memberikan pelayanan yang baik kepada murid-muridnya. “Di sini guru jangan menakuti sang anak tapi harus memberi pengarahan yang baik,” katanya.

Setiap anak mempunyai keunikan. Dan pada hakekatnya para guru harus bisa memberikan cara pengajaran menarik kepada anak. Dengan memberikan kurikulum yang sesuai dengan anak. Intinya kurikulum tersebut dibuat semenarik mungkin. Baru perkembangan pada anak bisa dilanjutkan.

“Kita mencoba mengadakan pelatihan untuk khusus guru Kartini dulu, kalau berhasil kita akan berikan pelatikan diluar juga,” ujarnya. (cr12)
dikutip dari : http://www.batampos.co.id/index.php/2012/01/06/cara-belajar-asyik-buat-siswa-semangat/

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►